This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

SISTEM OPERASI DAN DATABASE

Sistem operasi

Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.


JENIS – JENIS SISTEM OPERASI

Mac
Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.
Kelebihan:
1. lebih aman bila dibanding windows
2. lebih stabil
3. sederhana, elegan, dan mudah
4. dapat melakukan apa yang pc windows bisa
kekurangan:
1. tidak bisa upgrade / disesuaikan
2. harganya sangat mahal
3. sedikit permainan yang tersedia untuk MAC

Linux
Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multitasking, Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell. Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, LINUS TORVALDS.
Kelebihan:
1. diberi kebebasan untuk melihat program asal atau mengubahnya
2. hampir semua softwareny gratis
3. minimal hardware
4. stabilitas yang bagus

kekurangan:
1. minim game
2. jarangnya vendor hardware menyediakan driver untuk windows
3. belum banyak pengguna

Windows
Windows merupakan sistem operasi buatan microsoft milik Bill Gates. Tahun 1983 Microsoft mengumumkan pengembangan sebuah antarmuka grafis untuk sistem operasi buatannya
Kelebihan:
1. sistem operasi yang usher friendly
2. tampilan yang begitu bersahabat
3. dukungan hardware yang lengkap
4. banyak aplikasi yang diperuntukan platform windows
kelemahan:
1. rentan penyakit atau virus

Android
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Pada awalnya dikembangkan oleh Android Inc, sebuah perusahaan kemudian dibeli oleh Google, dan akhir-akhir ini oleh Open Handset Alliance.
Kelebihan:
1. gartis sehingga para developer aplikasi OS Android tidak perlu bayar untuk membuat aplikasi untuk android
2. tidak perlu membayar untuk mendownload dan menginstal aplikasi android
3. pemakaiannya mudah
4. stabil dan aman
kekurangan:
1. masih belum banyak aplikasi
2. bagi orang awam agak sedikit membingungkan
3. masih sedikit pemakai

Palm
Pada sistem operasi Palm menggunakan prinsip yang tidak diperlukan, tidak perlu ada. Sehingga pada Palm tidak ada tempat bagi keyboard, dan hanya menggunakan pemasukkan data menggunakan pena (stylus) pada tempat khusus yang berfungsi sebagai tempat tulis. Sistem operasi Palm menggunakan tulisan graffiti sebagai metode input tulisan tangannya.
Kelebihan:
1.Memiliki kebutuhan sistem yang sedikit dan cepat sehingga tidak dibutuhkan perangkat PDA yang canggih dan mahal
Kekurangan:
1.palmpilot jarang memiliki fasilitas voice dan layar berwarna

DATA BASE
Adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh suatu informasi dari basis data tersebut .

Macam – macam basis data:

Access Adalah sebuah program aplikasi basis data komputer ralasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah
Kelebihan
kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL);
query dapat dilihat dan disunting sebagai statemen-statemen SQL
statemen SQL dapat digunakan secara langsung di dalam Macro dan VBA Module untuk secara langsung memanipulasi tabel data dalam Access
Kekurangan
kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan.

SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional

mySQL MySQL termasuk ke dalam Relational Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis di bawah lisensi GPL (General Public License)
MySQL merupakan turunan dari konsep database SQL (Structured Query Languange) untuk pemilihan /seleksi dan pemasukan data yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.

ORACLE
Basis data Oracle adalah sebuah sistem basis data yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan mampu menangani data dalam skala besar serta mendukung sistem basis data yang terdistribusi. Oleh karena itu, saat ini banyak perusahaan yang menggunakan Oracle untuk mendukung kegiatan bisnisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar