This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

PENGAMANAN KOMPUTER , PENGAMANAN AKSES DI INTERNET DAN ETIKA SITUS

Pengamanan komputer dibagi menjadi dua hal, yaitu pengamanan jaringan dan pengamanan data. Pengamanan jaringan dapat dilakukan dengan cara menggunakan firewall internet, memperbarui sistem operasi pada komputer, mencegah spyware, adware, dan spam, dan kriptografi.

FIREWALL
Firewall atau tembok-api adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman.
Umumnya, sebuah firewall diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya. Firewall umumnya juga digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar.

KARAKTERISTIK FIREWALL
1.Seluruh hubungan/kegiatan dari dalam ke luar, harus melewati firewall.
2.Hanya Kegiatan yang terdaftar/dikenal yang dapat melewati/melakukan hubungan, hal ini dapat dilakukan dengan mengatur policy pada konfigurasi keamanan lokal.
3.Firewall itu sendiri haruslah kebal atau relatif kuat terhadap serangan/kelemahan.

CONTOH-CONTOH SOFTWARE FIREWALL
Kerio Personal Firewall
Sygate Personal Firewall
ZoneAlarm
Network Address Translation (NAT)
ISA Server
ANTIVIRUS
Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sistem komputer.
Serangan virus dapat mengacaukan sistem yang ada di komputer anda. Ada beberapa jenis virus dalam komputer seperti virus macro yang merusak file dokumen, Trojan merusak sistem dalam komputer anda, ada juga yang hanya tampil di layar komputer tetapi tidak merusak data dan sistem komputer anda tetapi sangat mengganggu karena sering muncul secara tiba-tiba sehingga mengganggu anda pada saat bekerja di depan komputer.

Perbaharui Sistem Informasi
Begitu firewall Anda terpasang, jagalah agar perangkat lunak paling mendasar komputer Anda, yaitu sistem operasinya, terus diperbarui dengan menggunakan perangkat lunak pengupdate terbaru Anda. Kelalaian dalam melakukan hal ini akan mengakibatkan komputer Anda dalam keadaan yang sangat rentan karena kelalaian pada sistem operasi biasanya diketahui dan menjadi target para hacker dan cracker.
Mencegah Spyware, Adware, dan Spam
Perlindungan terbaik melawan spyware dan adware adalah dengan tidak mendownloadnya dari awal. Untuk melindungi komputer Anda agar tidak mendownload program yang membahayakan. Sebaiknya mendownload program hanya dari situs yang Anda percayai, baca semua peringatan keamanan, perjanjian lisensi, dan pernyataan privasi dari setiap program yang akan di download. Jangan pernah menklik Agree atau OK untuk menutup suatu widow. Sebaliknya,klik tanda X merah pada sudut kanan atas window atau tekan Alt+F4 pada keyboard Anda untuk menutup suatu window.
Kriptografi
Teori kriptografi adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara menjaga agar data atau pesan tetap aman saat dikirimkan, dari pengirim ke penerima tanpa mengalami gangguan dari pihak ketiga. Prinsip-prinsip yang mendasari kriptografi yakni confidelity (kerahasiaan) yaitu layanan agar isi pesan yang dikirimkan tetap rahasia dan tidak diketahui oleh pihak lain (kecuali pihak pengirim, pihak penerima/pihak-pihak memiliki ijin), data integrity (keutuhan data) yaitu layanan yang mampu mengenali/mendeteksi adanya manipulasi (penghapusan, pengubahan atau penambahan) data yang tidak sah (oleh pihak lain), authentication (keotentikan) yaitu layanan yang berhubungan dengan identifikasi, baik otentifikasi pihak-pihak yang terlibat dalam pengiriman data maupun otentifikasi keaslian data/informasi, dan non repudiation (anti penyangkalan) yaitu layanan yang dapat mencegah suatu pihak untuk menyangkal aksi yang dilakukan sebelumnya (menyangkal bahwa pesan tersebut berasal dirinya).
Metoda untuk mengamankan file data dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu:
Attribut Keying
Ialah suatu penguncian terhadap attribut sebuah file data. Setiap file data dalam sistem informasi (komputer) selalu diikuti oleh attribut file, yang berfungsi untuk mengamankan file agar tidak dapat diserang oleh orang lain.
Compress Keying
Ialah penguncian terhadap hasil pemadatan file data. Setiap file data dapat dirobah kedalam bentuk yang lebih padat dengan menggunakan aplikasi kompres, seperti RAR, ZIP dan lain-lain. Hasil dari kompres dapat dikunci dengan menambahkan Password (kata kunci) pembuka apabila file tersebut di decompress atau dikembalikan kedalam bentuk semula (extract).
Encription (Enkripsi)
merupakan suatu teknik merubah isi file data dengan bentuk rahasia yang tidak dimengerti oleh orang lain.
Etika situs yamg baik yaitu sebaiknya dalam menjalankan situs, yang kita tulis sebaiknya benar-benar merupakan hasil karya kita sendiri dan bukan hasil menjiplak/menyalin dari website lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar